You Are Here : Home Today News CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN KAPASITAS AC RUANGAN

CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN KAPASITAS AC RUANGAN

E-mail Print PDF

Banyak yang bertanya “Berapa kapasitas AC yang saya butuhkan untuk ukuran kamar sekian kali sekian meter?”, sebelum membeli pendingin ruangan. Data tersebut belum lengkap untuk memberikan jawaban yang tepat, tentang berapa kapasitas AC yang dibutuhkan oleh sebuah ruangan. Masih dibutuhkan data lain seperti tinggi ruangan, bahan plafon, ruangan di lantai dasar atau lantai atas, jumlah jendela, jumlah orang di dalam ruangan tersebut, hingga sistem pintu dan sinar matahari masuk atau tidak secara langsung ke dalam ruangan. Tetapi untuk hitung-hitungan kasar, luas ruangan bisa dipakai untuk menghitungnya.

Tepat atau tidaknya kapasitas AC yang dibeli, dapat berpengaruh pada daya yang diperlukan. Jika terlalu kecil, maka akan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan, sehingga kebutuhan listriknya pun akan lebih banyak. Jika kapasitas AC terlalu besar, listrik yang diperlukan juga besar, padahal sebagian “dibuang percuma”.

Saat ini, AC lebih dikenal dengan satuan PK. Anda harus pintar mengkonversinya, karena kapasitas AC dinyatakan dalam satuan Kcal/Hour atau BTU/Hour. Ada rumus sederhana yang bisa kita manfaatkan.

Rumusnya:

( P x L ) x 500 = kebutuhan BTU
PPanjang Ruang (dalam meter)
LLebar Ruang (dalam meter)

Kapasitas AC Berdasarkan PK :

½ PK = 5000 BTU/Hour = 500Watt
¾ PK = 7000 BTU/Hour = 700Watt
1 PK = 9000 BTU/Hour = 900Watt
1,5 PK = 18000 BTU/Hour = 1800Watt
2 PK = 24000 BTU/Hour = 2400Watt

Contoh Perhitungan:

Untuk ruangan dengan ukuran lebar 3 meter dan panjang 4 meter maka besarnya PK AC yang dibutuhkan adalah sbb :

3 x 4 x 500 = 6000 Btu ( british thermal unit )

BTU adalah kecepatan pendinginan untuk ruangan satu meter persegi dengan tinggi standar (umumnya tiga meter)

Jadi bila ruangan sebesar ini ditinggali oleh 2 orang atau lebih disarankan menggunakan AC 0.75 PK dengan kapasitas 7000 Btu. karena 1 orang dihitung membutuhkan kapasitas 500 Btu. Jadi 6000 Btu + 2x 500 Btu = 7000 Btu.

Tetapi apabila anda tidak terlalu suka dingin penggunaan AC 0.5 PK dengan kapasitas 5000 Btu masih bisa mencukupi.

Rumus diatas berlaku untuk ruangan dengan tinggi standard ruangan sekitar 3  meter. Bila ruangan lebih tinggi setiap 1 meter ketinggian akan dikenai 1000 Btu.

 

Ayo coba kalian hitung sendiri kapasitas AC yang kalian butuhkan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi PT. Gunung Bintang Semesta

 

Sumber : LG Indonesia, dan berbagai sumber lainnya.
Last Updated on Saturday, 28 April 2012 16:49  

Info Kami

Produk Kami